Memilih Gitar yang Baik untuk Pemula

Sering kali ketika ingin memulai belajar musik gitar, kita dihadapkan kebingungan, mau menggunakan gitar tipe apa? Apakah gitar klasik atau gitar akustik?
Apa perbedaan gitar klasik dan gitar akustik?
Mari kita simak bersama sama.

Gitar klasik adalah gitar yang berwujud akustik (memiliki tabung resonansi), namun menggunakan senar (string) plastik (nylon).
Sedangkan gitar akustik adalah gitar yang berwujud akustik (memiliki tabung resonansi), namun menggunakan senar (string) baja (steel).
Kelebihan dan kekurangan dari masing-masing gitar adalah :

Kelebihan Gitar Klasik :
Cenderung ringan bobotnya dan murah harganya dibandingkan dengan gitar akustik.
Bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan gitar akustik.
Mudah perawatannya, karena senar plastik (nylon string) tidak berkarat.
Sangat cocok untuk permainan jenis petikan (finger style).
Tidak terlalu nyaring bunyinya dibanding gitar akustik.

Kekurangan Gitar Klasik :
Walaupun gitar klasik lebih murah dan senar plastik (nylon string) minim perawatan, namun harga senar plastik (nylon string) jauh lebih mahal daripada gitar akustik yang menggunakan senar baja (steel string).
Senar plastik (nylon string) lebih mudah putus daripada senar baja (steel string). Jadi tidak boleh dipetik secara keras apalagi menggunakan kuku yang panjang atau bantuan kuku (guitar pick).
Karena suaranya tidak senyaring gitar akustik, kadang pemusik memaksakan memetik dengan keras, dan itu sangat beresiko terhadap mudahnya senar putus.
Hanya cocok untuk petikan (finger style), tidak disarankan dimainkan dengan dikocok (strumming) untuk bermain irama (rhythm).
Senar (string) termahal ada di gitar klasik, yaitu senar berbahan usus (jeroan) binatang (gut string), namun senar tersebut tidak lebih kuat (lebih mudah putus daripada senar plastik), hanya suaranya jauh lebih baik.

Kelebihan Gitar Akustik:
Cocok untuk bermain irama (rhythm strumming), namun masih bisa digunakan untuk bermain petikan (finger style), hanya tidak dianjurkan digunakan untuk bermain petikan di gitar akustik.
Suaranya lebih keras/nyaring dibandingkan gitar klasik.
Harga senar baja (steel string) lebih murah daripada senar plastik (nylon string) apalagi dibandingkan dengan senar berbahan usus (gut string).
Senar baja lebih kuat untuk menghadapi petikan yang keras dan bisa menghasilkan suara yang keras.
Gitar akustik dirancang jauh lebih kuat dan tahan dari tarikan senar baja (steel string) dibandingkan dengan gitar klasik.

Kekurangan Gitar Akustik:
Karena dirancang lebih kuat, maka bobot gitar akustik lebih berat daripada gitar klasik.
Senar baja (steel string) mudah berkarat.
Suara lebih berisik dibandingkan dengan gitar klasik.
Bentuknya (sebagian besar) lebih besar dibandingkan dengan gitar klasik.
Tidak cocok untuk dimainkan secara petikan (finger style), karena jarak antara senar (string) terlalu sempit. Karakter senar baja (steel string) lebih cenderung memberikan kesan suara yang panjang (sustain), sehingga sering tumpang tindih suara ketika dimainkan secara petikan (finger style).



Nah, setelah menentukan gitar mana yang akan digunakan, selanjutnya perhatikan hal berikut ini:

Jangan Membeli Gitar Palsu
Walaupun gitar palsu tidak membunuh anda (karena obat palsu bisa membunuh), hanya saja gitar palsu akan membuat anda banyak kerepotan :
Kekuatan lem pada gitar tersebut tidak bisa diandalkan, berakibat mudah rusak walaupun sudah dirawat.
Jarak antara fret yang salah, berakibat nada yang dihasilkan sudah pasti salah. Jika sudah terbiasa dengan jarak antara fret yang salah, maka telinga pemain gitar sudah pasti terbiasa dengan suara yang salah. Yang dicari di gitar itu adalah ketepatan nada, bukan hanya model saja.
Sebagian besar pembeli gitar palsu hanya mengikuti model dengan harga yang tidak masuk akal murahnya. Setiap model gitar memiliki tingkat kesulitan cara membuatnya, berimbas dengan harganya yang semakin mahal.
Merk menunjukkan tanggungjawab sosial dari pembuatnya, maka jika kita membeli gitar palsu maka sudah dipastikan hasil buatannya asal-asalan, alias pembuat tidak bertanggungjawab atas hasil gitar buatannya.

Jangan Memasangkan Senar Baja (Steel String) di Gitar Klasik
Gitar klasik hanya dirancang dengan tarikan senar plastik (nylon string), sehingga tidak kuat menahan tarikan senar baja (steel string). Jangan karena menginginkan gitar klasik yang murah, lalu mengganti senarnya dengan senar yang murah seperti senar baja (steel string), karena hal ini akan membuat gitar klasik mudah rusak.

Rawat dengan Benar Gitar Anda
Semua jenis gitar, dengan merk yang dapat dipercaya, tidak pernah turun harganya, kecuali turun kualitasnya sehingga harga gitar selalu naik walaupun tipenya sama.
Jika dirawat dengan baik, maka harga jual kembali gitar tentu akan naik juga. Jika tidak dirawat dengan baik, maka jangan menyesal jika kemudian hari harganya sangat mahal untuk membeli kembali.
Gitar mahal belum tentu kuat, karena semua gitar jika dibanting tentu akan rusak. Mahalnya harga gitar itu karena kualitas, proses, serta kenyamanan dalam memainkannya.

Cari Gitar yang Nyaman
Gitar yang nyaman itu adalah gitar yang sesuai dengan tujuan anda memainkan gitar.
Jangan mudah percaya bahwa gitar klasik lebih empuk daripada gitar akustik karena tingkat kenyamanan gitar itu ditentukan dari jarak senar gitar ke papan fret (fret board).
Tidak semua gitar bisa diatur (setting) dengan jarak senar yang sangat dekat dengan papan fret, karena kualitas bahan gitar tidak semua sama, sehingga mempengaruhi jarak senar dan papan fret.
Namun jangan langsung membeli gitar yang termahal, karena bermain musik dengan satu jenis (genre) musik akan sangat membosankan. Biasanya pemain gitar selalu memiliki koleksi gitar yang lebih dari satu karena setiap gitar punya keunggulannya masing masing.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Alat Musik Piano, Keyboard dan Organ

Hidup adalah Belajar

Mitos dan Fakta Seputar Musik (1)