Hidup adalah Belajar

Banyak dari kita saat ini sudah mulai jenuh dengan belajar.
Mulai dari menurunnya minat membaca buku, sampai menjamurnya budaya instan.
Bagaimana caranya agar tidak mudah bosan dalam belajar?

ASAL MUASAL : SISTEM PENDIDIKAN KOLONIAL

Dalam sistem pendidikan sekolah model lama, sebagian besar pelajaran yang membuat kita bosan adalah pelajaran yang hanya berisi hafalan, bahkan paling menyebalkan lagi, terutama untuk anak-anak sekolah, adalah pelajaran yang dipelajari tidak berkaitan dengan soal-soal yang muncul dalam ujian. Siswa mau tidak mau harus menerima pelajaran yang harus dipelajari tanpa ada penjelasan secara rinci hanya untuk mengejar materi ujian. Jadi siswa lebih banyak menghafalkan jawaban dibandingkan mencari jawaban atas permasalahan yang dihadapi.
Untuk merubah pola pembelajaran, kadang yang harus dilakukan adalah keluar dari sistem yang sudah ada karena dianggap sistem tersebut gagal menciptakan suasana belajar yang baik. Namun jika terpaksa harus mengikuti sistem yang ada, maka perlu banyak penyesuaian yang bisa dibilang tidaklah mudah. Padahal resiko belajar dengan metode menghafal, akan menciptakan pola berpikir jangka pendek dan dapat menimbulkan efek budaya instan.

BERPIKIR JANGKA PANJANG : HIDUP ADALAH BELAJAR

Dalam kehidupan nyata, setiap hari manusia akan bekerja dan selalu akan menghadapi masalah. Tidak ada jalan pintas dan jalan tercepat untuk sukses, oleh karena itu manusia dituntut untuk berpikir jangka panjang. Berpikir jangka panjang adalah menyelesaikan masalah saat ini yang bisa mempunyai dampak baik di masa depan. Walaupun belum tentu bisa memberikan solusi yang terbaik, namun kita masih bisa memperbaikinya sambil menjalaninya.

Banyak yang bisa berhasil mencapai jawaban yang terbaik itu karena mereka sabar dalam menjalani permasalahan yang dihadapi. Walaupun hal tersebut tidaklah mudah, namun hasilnya sangat memuaskan banyak pihak. Kunci dari pemikir jangka panjang adalah sabar dan tekun dalam belajar sehingga buah dari sabar dan tekun tersebut, pemikir jangka panjang lebih bisa fokus dalam menghadapi masalah.
Jika ada yang mengatakan sukses itu bisa diraih sebelum berumur 30 tahun, dan masih bisa hidup sampai berumur 80 tahun, maka selama 50 tahun melakukan apa? Apapun hasil yang dicapai, manusia selalu akan merasa kekurangan, akibat inflasi dan inovasi global, maka percuma saja harus bekerja keras mengorbankan apapun demi sukses secara cepat. Belum tentu keberhasilan yang diraih, namun maut yang menjemput akibat sakit parah dalam bekerja.

Hidup itu bukan untuk berlomba mana yang terhebat.
Hidup itu adalah perjalanan panjang yang harus dilalui.
Jadi nikmatilah hidup dengan belajar.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Alat Musik Piano, Keyboard dan Organ

Mitos dan Fakta Seputar Musik (1)